Kendo, Aikido, martial art related

Saturday, March 16, 2013

What You Should Know About Mengane (men grill)

9:28 PM Posted by author , , No comments


Hal lain tentang bogu:
Mengane (mengrill), bagian men yang melindungi wajah, terbuat dari aloy. Biasanya ada dua jenis mengane yang tersedia di pasaran sekarang. 
1. Yang pertama adalah duralumin (hampir sama dengan aluminium aloy), bahan ini ringan dan cukup kuat.
2. Yang kedua adalah titanium. bahan ini sangat kuat dan ringan, namun lebih berat dari duralumin. Biasanya harganya jauh lebih mahal untuk men yang menggunakan mengane titanium ini.
Jenis lain yang lebih maha adalah IBB Mengane, IBB merupakan singkatan dari Ideal Best Balance. Seperti kepanjangannya, mengane ini terasa lebih ringan karena balance-nya yang sangat bagus. Sama seperti balance di shinai, yang mungkin akan saya tulis di posting lain nanti. 
Ada beberapa jenis IBB juga. 
1. IBB duralumin memiliki konstruksi 2 bar paling atas adalah titanium (bagian yang terkena pukulan shinai), dan yang lain adalah duralumin.
2. IBB Titanium. Semua bar terbuat dari titanium, dengan balance yang bagus. Jadi akan terasa lebih ringan dari pada titanium mengane biasa.
3. IBB Keikokin, 2 bar paling atas terbuat dari titanium, dan 3 bar paling bawah (dekat bagian mulut) memiliki anti bacterial coating. Sisanya duralumin biasa.
4. IBB D PRO. Konon punya daya serap impact yg lebih bagus.
5. IBB Titan PRO. Bar lebih tebal dari IBB Titanium.

Ada juga IBB Black,  tapi udah jarang. Mengane ini sama seperti IBB Duralumin, cuma warnanya hitam.
Terakhir ada yang disebut dengan TAC, ini yg paling mahal dan paling keren emang...warnanya hitam, cum htamnya ini g seperti hitamnya IBB Black, karena warnanya bukan cat. dan semua barnya tentu saja Titanium.

My conclusion and suggestion:
Menurut saya dari segi harga/manfaat, proteksi, berat, dan durabilitas, yang paling bagus adalah IBB Duralumin. Yang lainnya terlalu mahal dan tidak berfungsi secara optimal mungkin. Misal, kanapa harus beli yang tianium kalau cuma bikin jadi tambah berat, apa lagi IBB Titan PRO..busyeeeet....

Leo
3rd Dan Kenshi

0 comments:

Post a Comment