Kendo, Aikido, martial art related

Wednesday, April 25, 2018

4 Faktor Penentu Kualitas Kayu Alat Beladiri

1:43 PM Posted by author , , , No comments
bokken wakizashi golok kembar tonfa nunchaku bengkirai kimu aikido kenjutsu wingchun
berbagai perlengkapan latihan beladiri produksi kimu

Dalam latihan beladiri banyak digunakan berbagai macam perlengkapan yang dibuat dari bahan kayu. Seperti misalnya wooden dummy, ada juga boneka kayu kungfu, atau bokken alias pedang kayu yang banyak digunakan untuk latihan beladiri asal Jepang. Untuk kualitas latihan yang lebih baik tentunya Anda membutuhkan perlengkapan dengan kualitas yang lebih baik pula. Berikut tim kendojogja.com memberikan referensi bagaimana memilih peralatan kayu beladiri dengan kualitas yang bagus.

·  Dilihat dari kualitas bahan bakunya
Kayu adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat berbagai macam perlengkapan latihan dalam beladiri. Pemilihan kualitas kayu yang baik disesuaikan dengan fungsi dari alat tersebut yang bisa dilihat dari tingkat keringanannya, tingkat kekerasannya, tingkat kelenturannya, dan juga jenis serat yang digunakan sesuai dengan fungsi produk tersebut, dan tidak kalah pentingnya tentu adalah soal harga.

Misalnya kami berikan contoh untuk memilih kualitas kayu yang digunakan untuk membuat bokken. Bokken adalah pedang kayu yang ketika digunakan untuk latihan bisa digunakan sendirian bisa juga digunakan dengan beradu teknik dengan lawan main. Bokken yang akan mengalami banyak benturan sebaiknya menggunakan kayu yang keras dan kuat namun lentur sehingga tidak mudah patah. Jenis kayu seperti ini biasanya adalah kayu jati, sonokeling, atau kayu ulin. Namun jika bokken hanya digunakan untuk pajangan, jenis serat yang digunakan bisa jadi prioritas dengan mencari pedang kayu yang seratnya terlihat lebih indah meski tidak begitu kuat.

·  Tingkat kerapian penampilan alat
Tidak hanya akan terlihat bagus dan indah, namun alat beladiri kayu yang dibuat dengan rapi akan lebih awet dan lebih maksimal fungsinya. Perlengkapan beladiri yang rapi maksudnya adalah perlengkapan yang tingkat akurasinya tepat, teksturnya lebih halus atau lebih kasar sesuai dengan fungsinya, dan juga finishing produk yang melengkapi kualitas bahan baku yang digunakan.

Dalam hal kerapian, serat kayu yang digunakan sangat memberikan pengaruh pada kualitas produk secara keseluruhan. Misalnya jenis serat yang digunakan untuk bokken dimana tingkat kelurusannya harus presisi, sedangkan jenis serat kayu tertentu bisa mengalami pemuaian sehingga pedang bisa membengkok setelah selesai dibuat. Untuk menghindari hal ini sebaiknya pilih bokken yang dikeringkan dengan cara alami, bukan dengan menggunakan oven.

·  Cara pengolahan produk dan juga finishingnya
Kualitas kayu alat beladiri juga ditentukan dengan cara pengolahannya. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, pengolahan kayu harus mengikuti arah dari serat kayunya. Untuk membuat bokken atau jo misalnya, akan lebih baik memilih serat kayu yang lurus memanjang sehingga ketika digunakan untuk adu senjata dengan lawan tidak mudah patah atau retak. Dengan mengolah kayu sesuai dengan seratnya, alat tersebut akan memiliki tingkat kekuatan yang lebih baik.

Kemudian bagaimana cara dan teknik pengeringan kayu juga menentukan kualitasnya. Kayu yang dikeringkan terlalu lama apalagi yang dikeringkan secara alami akan beresiko  dimakan serangga. Agar alat beladiri bisa lebih awet, faktor finishing juga sangat penting karena bahan pelapis finishing bisa melindungi kayu dari cuaca dan juga faktor perusak lainnya.

·  Memperhatikan fungsi dari penggunaan alat
Untuk siapa dan untuk apa alat beladiri tersebut digunakan? Pertanyaan ini juga mempengaruhi kualitas alat beladiri yang bisa Anda beli. Misalnya jika alat yang digunakan adalah untuk latihan anak kecil maka kayu yang lebih lunak dan lebih ringan biasanya lebih disarankan untuk mengurangi resiko bahaya pada anak-anak yang belum profesional. Ada juga misalnya ketika alat yang ingin dimiliki hanya untuk pajangan atau contoh saja, bisa memilih alat beladiri yang kualitasnya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Kualitas yang dipilih tentu juga harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Alat beladiri dengan kualitas tinggi umumnya harganya memang lebih mahal namun tentu lebih awet dan lebih presisi desainnya. Namun jika digunakan untuk latihan pemula sebaiknya tidak perlu beli yang mahal dulu karena masih dalam masa membiasakan diri.

0 comments:

Post a Comment