Kendo, Aikido, martial art related

Wednesday, June 15, 2011

Panduan Singkat Memilih Bogu

12:36 PM Posted by author No comments
Untuk teman2x yang sedang mencari2x informasi pembelian BOGU, mungkin saya akan menulis sedikit informasi tambahan mengenai pembelian BOGU berdasarkan pengalaman saya, semoga bisa membantu. Pertama2x saya ingin menulis mengenai BOGU apa yang patut dipilih secara umum nya. Apabila kita melihat di internet, kita akan melihat bahwa ada beberapa jenis BOGU baik yang Machine Stitch atau Hand Made BOGU, belum lagi kerapatan jahitan nya (6mm, 5mm, 3mm, 2mm dsb). Di luar itu juga ada perbedaan harga berdasarkan jenih pembuatan nya dan juga asal pembuatan nya (Japan, Korea, Taiwan, dsb).

Pada dasar nya, bahan dasar dari BOGU berbagai jenis tersebut adalah mirip / sama dan kemungkinan sudah diproduksi massal di China or Taiwan. Yang kemudian dikirim ke negara2x masing penjual BOGU utk dipotong, dijahit dan dijadikan BOGU. Yang membedakan harga dari negara asal adalah tentu proses pemotongan, penjahitan dan pembuatan bahan dasar tersebut menjadi BOGU, karena dibutuhkan bahan2x accessories lain dan juga tenaga kerja yang di setiap negara nya berbeda beda. Jadi dalam hal ini, sebagai contoh perbandingan sebuah BOGU machine made 2mm made in Japan akan jauh lebih mahal dari machine made 2mm made in Korea or Taiwan, walaupun secara kualitas tidak berbeda jauh. Kemungkinan bahan dasar yang berbeda adalah untuk BOGU high end Hand Made asal Japan yang harga nya berkisar di puluhan juta rupiah dan mungkin mencapai ratusan juta.

Dalam mencari BOGU, di luar dari melindungi bagian tubuh kita, prioritas yang penting adalah comfort atau kenyamanan kita memakai BOGU tersebut. Harap diingat bahwa kita akan mengenakan bogu itu untuk berlatih dan bertarung, sehingga faktor kenyamanan dalam perlengkapan kita adalah sangat penting. Kenyamanan itu dapat kita dapatkan dengan membeli BOGU yang ukuran nya pas dengan tubuh kita dan juga memilih BOGU yang materi nya cocok kita pakai.

Faktor berikutnya adalah estetika atau keindahan. Walaupun tidak mempengaruhi performa Kendo anda secara umum, tentu faktor ini cukup penting utk sebagian orang dan hal ini dapat dimengerti. Keindahan dan personalization BOGU ini kebanyakan yang paling mudah dilihat adalah dari DO, apakah itu warna ataupun jenis finishing nya dan juga warna dan sulaman di dada (MUNE). Jadi secara umum, itulah faktor yang diperhatikan dalam pembelian BOGU. Berikutnya saya akan sedikit menjelaskan istilah2x ataupun spesifikasi yang sering dilihat untuk setiap bagian BOGU nya.

Sebagai tambahan, kerapatan angka utk 5mm, 3mm dsb itu melambangkan kerapatan jahitan. Makin rapat jahitan tersebut seharus nya makin kuat BOGU tersebut. Mungkin menurut saya yang paling ideal adalah 3mm - 2mm. Sedangkan dalam memilih Hand Made vs Machine Made, kita bisa melihat bahwa Hand Made yg Low End harganya mirip dengan Machine Made yang High End. Dalam hal ini saya pernah menanyakan pembuat/penjual BOGU dan juga melihat dari contoh BOGU yang pernah dibeli oleh teman2x lain. Jawaban nya adalah belilah Machine Made yang High End daripada Hand Made Low End. Hand Made yang Low End itu biasanya karena terlalu rapat jahitan nya sehingga BOGU malah menjadi keras dan kaku, tidak begitu leluasa digunakan. Kalau memang berkesempatan ingin membeli HAND MADE lebih baik membeli HAND MADE yang agak mahal dan Made in Japan, mungkin minimum harga berkisar 20 juta ke atas...

Berikut nya Penjelasan MEN :
Dalam membeli MEN, pasti yang akan ditampilkan selain dari kerapatan jahitan, dia akan menyebutkan metal dari MEN GANE (pagar logam pelindung muka). Untuk jahitan, ada juga jahitan DIAGONAL agar MEN kita lebih mudah dilipat dan pelindung bahu (yang seperti sayap MEN) itu tidak begitu kaku dan flexible, sehingga bahu kita mudah bergerak. MEN GANE itu sendiri biasanya dibuat dari bahan2x seperti DURALUMIN, TITANIUM (IBB), ALUMINIUM. Perbedaan nya adalah jenis logam tersebut mempengaruhi berat dari MEN yang kita pakai, tentu makin ringan makin nyaman. Biasanya yang paling berat adalah DURALUMIN, TITANIUM akan terasa lebih ringan tapi juga lebih mahal. ALUMINIUM sendiri saya belum pernah mencoba, tapi saya bayangkan mungkin juga cukup ringan.Ada juga penjual BOGU yang menawarkan untuk memberi coating berwarna untuk MEN GANE, apakah itu warna hitam, ungu ataupun emas. Ini murni hanya dekorasi dan estetika, saya tidak menganjurkan untuk mengambil opsi coating. Ini karena MEN GANE yang dicoating malah memperjelas wajah kita sehingga bisa dilihat lebih mudah oleh lawan dan juga coating nya biasanya tidak tahan benturan dan bisa terkikis dengan mudah. Tambahan untuk MEN, ukuran yang pas dan berat yang ringan adalah kunci dari kenyamanan memakai MEN. Juga sayap MEN yang flexible agar tidak menghalangi gerakan bahu.

Berikut nya penjelasan untuk KOTE :
Bagi saya KOTE adalah bagian yang vital dari BOGU kita. Karena kenyamanan KOTE berpengaruh langsung ke performa Kendo kita. KOTE yang flexible dan nyaman akan membantu kita menggenggam Shinai dengan baik dan benar dan membantu ayunan pukulan kita. Sebaliknya juga KOTE yang buruk dan kaku, dapat berdampak negatif kepada ayunan pukulan kita. Untuk KOTE bahan pembuat bagian telapak tangan (Palm) kita sangat berpengaruh kepada kenyamanan dan genggaman kita. Biasanya pembuat BOGU membuat bagian tsb dari Cow Skin, Synthetic Skin atau Deer Skin (paling mahal). Cow Skin kelemahan nya adalah dia sangat keras dan kaku, apalagi pada saat kering (baru dipakai latihan) dan belum terbasahi oleh keringat kita. Synthetic Skin itu sangat licin dan tidak menyerap keringat, sehingga genggaman akan sulit dan terasa sangat gerah di dalam KOTE itu. Deer Skin tentu paling ideal menurut saya, karena langsung lunak dan dapat menyerap keringat. Hanya saja Deer Skin itu termasuk lebih mahal dari bahan yang lain nya. Tetapi menurut saya itu investasi yang boleh dilakukan mengingat penting nya KOTE dalam performa Kendo kita. Di luar itu juga ada yang menawarkan Single atau Double Chamber/NAMAKO. Apakah itu Chamber/NAMAKO? Itu adalah bagian yang menyerupai gesper atau 'engsel' di pergelangan tangan kita. Konon Double Chamber/NAMAKO itu lebih flexible, akan tetapi saya juga memiliki KOTE dengan Single Chamber/NAMAKO yang flexible juga. Jadi menurut saya faktor ini tidak begitu penting.

Berikut nya penjelasan untuk DO :
Yang paling mendasar dalam DO adalah bahan DO itu sendiri, ada DO terbuat dari bambu, dari Fibre dan ada juga Yamato DO. Dari sisi perlindungan, ketiga bahan ini sama saja dan dapat melindungi tubuh kita dari pukulan lawan. DO dari bambu adalah dibuat dari keping2x bambu yang dijejerkan vertikal dan disusun mengelilingi bagian perut/pinggang kita dan akhir dicover dengan finishing dan lacquer. Ada yang dari terdiri dari 50 keping ada juga 60 keping (lebih lebar). DO yang terbuat dari bambu adalah jenis yang termahal dibandingkan dari bahan lain, dan sebagai perbandingan juga agak sedikit lebih berat dibandingkan dengan DO dari bahan lain. Bahan berikutnya adalah dari Fibre, yang merupakan lempengan Fibre yang dicetak membentuk lengkungan tubuh. DO dari bahan Fibre ini biasanya paling ringan dan paling murah dibandingkan dengan bahan lain nya. Yang terakhir adalah Yamato DO, yang adalah DO yang dibuat dari kepingan2x Fibre yang disusun sehingga menyerupai struktur dari DO bambu. Biasanya Yamato DO ini harganya juga masih cukup murah dan beratnya cukup ringan dan tidak berbeda jauh dengan DO Fibre yang biasa. Di luar dari bahan, yang biasa disebut dari DO adalah jenis/warna finishing, sulaman di dada (MUNE) dan juga sulaman mengelilingi DO (1 lines - 3 lines). Secara garis besar ini semua merupakan tambahan estetika/keindahan dari DO tersebut, akan tetapi menambah harga nominal dari DO tersebut tentu nya.

Terakhir adalah penjelasan untuk TARE :
Yang biasa nya disebutkan dalam penjelasan TARE yang dijual adalah TARE itu adalah garis sulaman di tiap lembar TARE tersebut, apakah itu 3 lines - 7 lines biasanya. Ini juga merupakan faktor estetika saja dan tidak begitu penting. Akan tetapi mungkin yang terlihat agak bagus dan indah adalah TARE yang memiliki lebih dari 5 lines.

Sekian penjelasan BOGU dari saya, semoga cukup membantu dalam pembelian BOGU teman2x... Apabila ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, tolong jangan segan2x, karena informasi ini semua untuk membantu semua teman2x JKA yang lain nya.
Terima kasih.
Marcel Oesman
Chairman of Indonesia Kendo Association

0 comments:

Post a Comment