Kendo, Aikido, martial art related

Wednesday, October 17, 2018

Fakta Tentang Iaito

8:57 AM Posted by author , , , , , No comments


Iaito adalah pedang tumpul, tanpa sisi tajam, yang digunakan untuk latihan iaido. Katana (pedang tajam) disebut shinken (pedang asli).Perbedaan mendasar iaito dari shinken adalah tidak adanya sisi tajam dan didesain untuk latihan iai/batto. Pedan jenis ini tidak cocok digunakan untuk baku hantam pedang (sword-to-sword contact). Iaito harus dibedakan dengan pedang tumpul lain yang utamanya digunakan sebagai hiasan/dekorasi dan tidak aman digunakan untuk latihan seni beladiri.

Bahan dan Proses Pembuatan

Sebagian besar pedang Iaito terbuat dari material aluminium-zincalloy, bahah yang lebih ringan dan juga lebih murah dibandingkan besi baja. Penggunaan metal alloy dan sisi tumpul juga mengikuti aturan di Jepang yang membatasi pembuatan pedang dari logam besi. Dengan demikian iaito buatan Jepang hanya dapat digunakan sebagai senjata latih dan tidak bisa digunakan untuk baku hantam pedang. Bilah alloy terbaik umumnya menyerupai reproduksi pedang tajam termasuk berat dan bentuk serta finishing dan fitting yang presisi serupa pedang tajam. Iaito bahkan bisa saja mempunyai hamon tiruan (pola bilah, alur temper pada bilah besi baja temper). Rerata berat pedang tajam uchigatana tanpa sarung sekitar 1200 gram sedangkan berat iaito alloy sekitar 820 gram. Beberapa iaito besi baja juga pernah dibuat dan mempunyai kisaran berat 900 – 950 gram untuk bilah sepanjang 74 cm.


Iaito pertama kali dibuat setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua, untuk mengakomodasi kebutuhan pedang untuk latihan budo modern tanpa mengijinkan kepemilikan pedang tajam. Iaito diproduksi bengkel-bengkel khusus yang tidak mempunyai hubungan dengan pandai besi pembuat pedang shinken. Beberapa dojo di Jepang hanya merekomendasikan praktisi berlatih iaido hanya dengan pedang alloy sebelum memiliki kecakapan yang konsisten untuk menggunakan pedang tajam dengan aman. Beberapa sekolah iaido mungkin mengizinkan murid berlatih dengan shinken sejak awal sedangkan beberapa sekolah lain bahkan sama sekali melarang penggunaan shinken.



Kesesuaian panjang, berat, dan keseimbangan iaito dengan postur dan kekuatan tubuh penggunanya adalah faktor utama penentu keamanan serta kemampuan pengguna menampilkan jurus (kata) dengan benar. Seringnya pengulangan gerakan pada latihan Iaido, umumnya konstruksi bilah iaito mempunyai titik keseimbangan yang lebih jauh dari ujung pedang (kissaki) dan lebih mendekati pelindung tangan (tsuba) dibandingkan bilah pedang jenis lainnya.

Ingin berlatih dengan iaito asli buatan Jepang pertama anda, atau menambah koleksi iaito anda ? kami menyediakan iaito asli buatan Jepang, informasi bisa dibaca di sini (klik link atau klik gambar dibawah) 




sumber : Wikipedia

0 comments:

Post a Comment