Kendo, Aikido, martial art related

Monday, December 17, 2018

Baju Zirah Jepang. Bagian 1




Baju zirah / Baju besi Jepang, atau dikenal dengan Katchū (zirah dan helm), selalu dikenakan oleh samurai di medan pertempuran. Berdasarkan periode pembuatannya dapat dibedakan menjadi dua kategori, Ō-yoroi (zirah besar) dan Tosei-gusoku (zirah modern). Zirah Ō-yoroi pertama kali dikenal pada periode tengah dan akhir Heian (794~1185) dan makin tersebar luar pada periode Kamakura (1185~1336). Zirah Ō-yoroi didesain untuk pemanah berkuda yang merupakan salah satu komponen utama pasukan perang pada masa itu. Konstruksi bentuk kotak dan beratnya membatasi gerakan dan fleksibilitas pemakai zirah ini menjadikannya tidak sesuai untuk pasukan infantri.


jual baju perang samurai yoroi asli jepang
O-Yoroi, baju perang samurai 
Untuk perlindungan terhadap anak panah, Kabuto (helm) memiliki Fukigaeshi, bagian serupa sayap atau serupa telinga di kedua sisi samping helm ditambah komponen lainnya seperti Kyubi-no-ita dan Sendan-no-ita yang menjadi usang dan digantikan oleh baju perang Tosei-gushoku di periode Muromachi. Hal ini disebabkan mulai digunakannya senjata api pada masa itu yang memaksa samurai beralih ke taktik pertempuran infantri. Zirah Ō-yoroi umumnya dikenakan Samurai berpangkat tinggi yang menunggang kuda. Meskipun samurai berpangkat lebih rendah juga menggunakan zirah yang serupa namun komponen zirah yang digunakan lebih sedikit. Zirah tersebut lebih ringan dan tidak memiliki simbol dekoratif yang mudah dikenali pada zirah yang dikenakan samurai berpangkat tinggi.


jual baju perang samurai yoroi asli jepang
samurai berkuda , menggunakan O-yoroi
Bagaimanapun juga, proses produksi baju zirah Ō-yoroi sangat memakan waktu. Dibutuhkan material setara 2000 lempeng kozane dan 265 hari untuk membuat satu set zirah ini. Hal ini menjadikan zirah Ō-yoroi yang paling formal dan paling indah, serta dianggap sebagai jenis zirah Jepang yang sejati. Pada periode Edo, keluarga bangsawan dan tuan tanah memesan zirah jenis ini lengkap dengan hiasan lambang keluarga atau klan mereka. Zirah Ō-yoroi yang saat ini masih terjaga kondisinya umumnya berasal dari periode Edo.


jual baju perang samurai yoroi asli jepang
Yoroi dengan hiasan yang indah menjadi salah satu lambang prestise samurai
Elegan dan gagah. hal itulah yang membuat replika Yoroi / baju zirah Jepang menjadi salah satu barang bernilai seni yang berharga untuk dikoleksi. Misalnya untuk dipajang di dojo, atau di tempat bernuansa Jepang seperti restoran, ataupun dipajang di ruang tamu anda. Karena baru bisa diproduksi di luar negeri, mungkin perlu proses dan biaya tambahan bagi kita di Indonesia untuk mendapatkan replika Yoroi. Tapi jika anda benar - benar berminat, anda beruntung karena kendojogja.com memiliki koleksi Yoroi yang bisa anda dapatkan tanpa perlu membayar ongkos kirim dan biaya lain dari luar negeri. Klik disini atau pada gambar di bawah untuk info lebih lanjut.




1 comment: