Kendo, Aikido, martial art related

Sunday, June 14, 2009

Introduction to BJJ (Brazilian Jiu Jitsu)

8:08 PM Posted by author No comments
Tidak banyak yang saya tahu mengenai BJJ, yang saya tahu hanya sebatas bahwa BJJ adalah beladiri yang berasal dari Brasil (tentu saja), memiliki latar belakang judo dan Jiu-jitsu Jepang, teknik-tekniknya adalah teknik kuncian dan cekikan, serta merupakan beladiri yang digunakan untuk ground fight (ini adalah pengetahuan awam saya, silahkan dikoreksi jika ada yang kurang tepat).

Kebetulan ada teman dan sensei aikido yang berlatih BJJ, setelah sedikit ngobrol-ngobrol, karena pada dasarnya kami ini adalah hobiis beladiri, akhirnya diputuskan setelah sesi latihan aikido maka akan dilanjutkan dengan dengan sedikit sesi sharing tentang BJJ. Bagi saya yang belum pernah mencoba BJJ sama sekali, tentu saja kesempatan ini tidak saya sia-siakan.

Setelah sejenak melihat sparring yang dilakukan oleh teman saya, akhirnya tiba giliran saya untuk belajar, tentu saja dimulai dari hal basic terlebih dulu, yaitu posisi - posisi dasar dalam BJJ.

Ada posisi guard, yaitu posisi bertahan saat posisi tubuh kita ada di bawah tubuh lawan, walaupun posisi bertahan tapi jika digunakan dengan tepat dapat juga digunakan untuk mengunci lawan. Ada full guard, yaitu jika kita melingkarkan kedua kaki kita ke pinggang lawan, dan ada half guard, yaitu jika melingkarkan kedua kaki ke salah satu kaki lawan saja.

Kemudian ada posisi mount, yaitu saat posisi kita berada di atas tubuh lawan kita, ini adalah posisi ofensif.

Lalu posisi side, yaitu saat posisi kita ada di samping tubuh lawan.

Dan posisi back, yaitu saat posisi kita ada di belakang lawan (lawan memunggungi kita).

Penjelasan di atas tentulah masih kurang memuaskan, ya namanya juga baru kenalan, maklum lah, hehe. Setelah pengenalan posisi, dilanjutkan dengan sedikit praktek kuncian, dari yang pernah saya dengar dan saya coba, kuncian BJJ memang maut, misalnya teknik cekikan, jika kita terkunci dan kita tidak tahu atau tidak mau melakukan tap, bisa-bisa blackout kita alias semaput. O ya, jika melakukan tap, jangan tap ke lantai, tapi tap lah ke badan partner latihan kita, jika kita tap ke lantai dan partner kita tidak mendengar, ya itu tadi resikonya, hehe :).

Demikian pengenalan singkat BJJ, interesting, dan semoga bisa dilanjutkan di lain waktu, terima kasih untuk temen-temen yang bersedia membagi ilmunya, semoga bermanfaat, dan jika dalam penulisan ada hal yang kurang pas, silahkan dikoreksi.

Long live MA :)

0 comments:

Post a Comment