Kendo, Aikido, martial art related

Sunday, May 5, 2013

Improve Your Kendo By Improving The Way You Dress



Quoting a hachidan sensei: "Dress properly to improve your kendo!"
Kurang lebih demikian kalimatnya. Lho, apa hubungannya? Makna dari kalimat tersebut memang sangat kental dengan Zen. Kebetulan saya adalah termasuk beginner yang selalu berpakaian rapi dan sebaik mungkin di dojo (lebih dari di kehidupan sehari-hari di luar dojo) Kurang lebih menurut saya, seperti ini:

Pakaian di sini termasuk bogu, tidak hanya 'kendogi' dan 'hakama'. Bahkan termasuk pikiran dan sikap kita, 'reigi'. Dengan berpakaian rapi dan bagus, maka kendo akan rapi dan bagus. Untuk melakukan sesuatu dengan baik harus diawali dengan yang baik juga. Jadi jika diawali dengan memakai baju dan bogu dengan tidak bagus dan rapi, maka bagaimana bisa kendonya bagus?

Yang lebih penting dari itu adalah reigi. Bagamana kita bersikap. Hormati sensei karena mereka adalah sumber ilmu kita di dojo, hormati senior karena dari mereka membantu kita memperoleh ilmu yang kita belum tahu karena pengalaman mereka. Hormati kohai karena denga mereka kita belajar lebih. Hargai tempat latihan, shinai, dan bogumu dengan cara rawat dan gunakan mereka dengan baik, karena tanpa semua ini kita tidak bisa berlatih kendo. 

SO, mulai sekarang, untk yang sudah pakai kendogi dan hakama, belajar cara pakai yang baik dan benar. Bagus di sini artinya benar dan rapi. Tidak terlalu kecil atau terlalu besar pakaiannya. Jadi, sebelum membeli baju untuk kendo, tau persis dulu ukuranmu. Tanya senior kalau sulit mengetahui ukuran kendogi dan hakama yang pas.
See my picture there, I always try to handsomely wear my kendogi and kendogu ... it's part of respect to others and a starting point to improve your kendo.

Leo
3rd Dan
Indonesia Kenshi

0 comments:

Post a Comment