Kendo, Aikido, martial art related

Tuesday, April 23, 2013

Knowledge About Do (Kendo Bogu)

10:04 AM Posted by author , , , No comments

Do dai

pelindung perut ini terbuat dari beberapa macam bahan. Jaman dahulu dodai terbuat dari bambu Namun sekarang ada yang terbuat dari fiber dan plastik yang disebut dengan yamato. Dodai yang terbuat dari fiber ini berasal dari kertas yang diproses. Harganya paling murah dibandingkan dodai dari bahan lainnya, plastic yamato dan bambu. Namun meski sangat ringan, dodai fiber ini ternyata amemiliki daya absorb pukulan yang lebih baik dari pada yamato. Hanya saja katanya do fiber ini dapat menyusut. 

Kemudian dodai yamato terbuat dari plastik yang dibuat seperti konstruksi bambu pada dodai bambu (bergaris-garis, seperti ptongan bambu yang berjajar melintang. Ada yang 50 potong ada juga yang 60 potong). sehingga walau dari plastik, karena bentuknya yang menyerupai konstruksi do bambu, yamato dodai memiliki daya absorb pukulan yang baik. Tentu saja yamato dodai ini lebih ringan daripada do bambu.

Terakhir adalah do bambu. Do ini terbuat dari bambu yang permukaan luar dodai-nya dilapisi dengan kulit kijang. Lalu kulit kijang tersebut diwarna (biasanya dengan lacquer alami). Do ini sangat mahal, berat, dan dapat rusak jika tidak dirawat. 

Saya pernah menggunakan do fiber dan Yamato, yang menurut saya tidak ada bedanya dalam hal kemampuannya untuk melindungi badan dari pukulan shinai. Bahkan do fiber labih ringan dibandingkan yamato. Tetapi biasanya do fiber ini satu paket dengan bogu yang berharga murah, dan mune yang digunakan juga mune* (pelindung dada) yang kurang bagus, baik dari segi bahan dan segi tampilan.
Untuk do bambu, saya pernah melihat do bambu yang rusak (bagian dalam), namun saya belum pernah melihat atau mendengar ada do fiber atau yamat yang rusak.

Mune terbuat dari kulit sapi yang dikeraskan. Ada juga mune yang terbuat dari kulit kijang dan kulit hiu (sangat mahal). Namun ada juga mune yang terbuat dari kulit imitasi, biasanya satu paket dengan bogu yang murah. Mune yang terbuat dari kulit sapi yang dikeraskan ini pun memiliki variasi kualitas dan harga. Mune kulit hiu atau kulit kijang tidak lebih protektif dari mune standard yang terbuat dari kulit sapi.



Leo
3rd Dan Kenshi
Indonesia Kendo Association

0 comments:

Post a Comment