Kendo, Aikido, martial art related

Tuesday, June 26, 2018

8 Cara Berlatih Beladiri Dengan Boneka Kayu Wingchun/Mok Yan Jong/Wooden Dummy

ip man wing chun wooden dummy mok yan jong boneka kayu kungfu
demontrasi latihan wooden dummy oleh Ip Man

Cara berlatih beladiri menggunakan boneka kayu wingchun atau mok yan jong atau wooden dummy terdiri dari 8 teknik. Bagian-bagian tersebut termasuk teknik winchun yang dipakai berlatih dengan mok yan jong. Akan tetapi jika sebelumnya Anda pernah berlatih jet kune do, kungfu, karate, maupun jenis beladiri lainnya, mok yan jong atau boneka kayu ini sebenarnya bisa digunakan juga untuk teknik balasan serangan dan berlatih tangkisan dengan cara berbeda.

Asalkan Anda terlebih dulu sudah mengetahui kelemahan dan kekuatan modal tangkisan, ringkusan, serta pukulan. Namun, Anda bisa meminta pelatih atau instruktur masing-masing jika masih belum mengetahui tekniknya. Sebab kesalahan yang tidak disadari saat berlatih justru bisa menyebabkan timbulnya hal-hal yang tak diinginkan.

Lalu, Bagaimana Cara Berlatih Winchun Memakai Wooden Dummy atau Mok Yan Jong?

Ada beberapa teori dasar saat berlatih winchun menggunakan wooden dummy atau mok yan jong, seperti berikut :

1. Teknik Pertama
Tekik pertama ini terdiri dari 10 gerakan, diawali dengan jurus awal lalu menarik leher, kemudian tan sau kanan dan kiri, serta jaun sau. Teknik ini lebih focus pada kekuatan kuda-kuda dan kelincahan.

2. Teknik Kedua
Teknik kedua terdiri dari 10 gerakan, diawali dengan posisi awal kanan

3. Teknik Ketiga
Terdiri dari 10 gerakan, diawali dengan menangkis di dalam dan di luar. Teknik ini juga mengajarkan tentang teknik latihan telapak tangan saat menyerang dan menangkis.

4. Teknik Keempat
Terdiri dari 9 gerakan, diawali dari gerakan pada telapak tangan samping. Adapun keutamaan dari latihan ini ialah membiasakan lengan dan tangan agar bisa melakukan teknik serangan balasan sembari menyelusup diiringi tendangan samping dengan cepat. Latihan ini bertujuan untuk menguasai keterampilan untuk melancarkan gerakan ke depan dengan cepat setelah tangan menemukan peluang atau celah terbuka. Meskipun lawan terus melancarkan pukulan dan menekan, Anda tetap bisa membalas dengan tendangan ataupun pukulan/

5. Teknik Kelima
Terdiri dari 21 gerakan, diawali dengan tan sau ganda. Pada bagian ini bertujuan untuk melatih cara menyelinap masuk dan menyerang pertahanan lawan sembari menyerang bagian yang lemah pada lawan. Metode ini akan mematikan, apabila dilakukan teknik penyaluran tenaga secara maksimal dengan tepat.

6. Teknik Keenam
Terdiri dari 15 gerakan yang diawali fok sau. Teknik ini bertujuan untuk melancarkan po pai cheung atau teknik latihan tangan ganda.

7. Teknik Ketujuh
Terdiri dari 15 gerakan, diawali dengan teknik gun sau kanan dan kiri. Tujuan penekanan latihan ini lebih kepada perubahan cengkekraman tangan dari bong sau yang bisa dibarengi serangan tangan. Di akhir latihan sendiri lebih banyak menekankan pada persiapan tendangan jejak yang menyilang sebagai teknik pamungkas dari Wing chun.

8. Teknik Kedelapan
Terdiri dari 26 gerakan, diawali dari bongsau bawah samping kanan dan kirri, lalu diakhiri dengan menarik diri atau gerakan mundur. Sebagian besar gerakan tendangan ada dalam teknik ini.

Jika ingin penjelasan lebih detail mengenai 8 gerakan latihan wooden dummy atau mok yan jong, bisa menanyakan pelatih atau instruktur masing-masing. Menariknya, dengan memakai boneka kayu Mok Yan Jong juga bisa membantu Anda melatih ketepatan serangan terhadap sasaran. Hal ini berbeda jika dilakukan tanpa memakai Mok Yan Jong.

Berlatih memakai Mok Yan Jong bisa melancarkan serangan sampai tepat sasaran. Untuk memaksimalkan latihan, Anda juga harus memilih Mok Yan Jong yang berkualitas. Anda bisa mempertimbangkan kualitas bahan dan desain boneka kayu wingchun terbaik.

0 comments:

Post a Comment