Kendo, Aikido, martial art related

Friday, June 29, 2018

Mok Yan Jong / Wooden Dummy Mahoni, Akasia, Jati, Atau Sonokeling?

1:48 PM Posted by author , , No comments
mok yan jong wooden dummy boneka kayu palang kungfu wingchun
salah satu mok yan jong palang produksi KIMU

Seiring dengan semakin banyaknya permintaan terhadap Wooden Dummy atau boneka kayu KIMU, semakin banyak pula pertanyaan mengenai kualitas dari produk best seller satu ini. Salah satu yang seringkali ditanyakan adalah mengenai kualitas dari bahan baku yang digunakan. Dalam hal ini adalah kayu yang dipakai untuk Wooden Dummy. Berikut ini akan diulas berbagai jenis kayu beserta karakternya saat dipakai untuk boneka kayu KIMU.

A.  Kayu mahoni dan kelebihannya

Kayu mahoni lebih lembut dan seratnya cenderung tidak terlihat. Ciri khas kayu ini adalah berwarna kuning keemasan bisa juga kuning kemerahan. Bobotnya lebih ringan dibandingkan akasia, sonokeling dan jati. Lebih mudah terpengaruh perubahan suhu seperti retak karena terlalu panas hingga ditumbuhi jamur saat suhu terlalu dingin.

Serangan serangga juga dampaknya sangat besar. Meski selama produksi KIMU telah memberikan treatment khusus, namun kerusakan akibat serangga berpotensi besar merusak kayu. Mahoni juga memiliki kelebihan diantaranya adalah proses produksi yang sangat mudah dan cepat. Selain itu mahoni memiliki kelebihan lain seperti:

§     Harga kayu yang lebih terjangkau karena budidayanya yang sangat mudah dan cepat.
§     Penanganan terhadap kerusakan lebih mudah. Baik itu retak karena panas atau justru karena lembap saat ditumbuhi jamur.
§     Bobot kayu mahoni yang ringan membuat boneka kayu KIMU mudah dipindahkan.
§     Harga lebih terjangkau, bahkan mahoni ini menjadi pilihan boneka kayu yang lebih ekonomis dibandingkan jenis kayu lain.

B.  Kayu akasia

Kayu akasia memiliki berat jenis lebih tinggi dibandingkan sonokeling, mahoni dan jati. Seratnya mirip jati namun lebih lembut dan tidak terlalu nampak. Tingat kekerasannya lebih baik terutama jika memiliki umur yang lebih tua. Meskipun sebenarnya akasia ini tergolong pada kayu dengan tingkat kekerasan menengah. Tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca.

Kelebihan kayu akasia untuk penggunaan Wooden Dummy memiliki kelebihan diantaranya bobotnya yang lebih berat. Sehingga kekokohannya tidak perlu diragukan lagi selama latihan. Selain itu dalam ketebalan tertentu, akasia memiliki warna dan serat yang lebih mudah ditampakkan. Hal ini berdampak pada bentuk Wooden Dummy yang bernilai seni tinggi.

Penggunaan akasia sebagai Wooden Dummy juga membuatnya lebih tahan lama. Pasalnya kayu ini lebih tahan terhadap perubahan suhu. Namun sangat dianjurkan penggunaan kayu akasia ini tidak untuk Wooden Dummy outdoor. Saat kontak dengan udara luar, risiko kerusakan yang terjadi dapat menjadi lebih besar.

C.  Kayu Jati

Kayu jati memiliki serat yang sangat artistik dan lebih nampak. Warnanya kuning muda dengan serat coklat yang tegas. Selain itu jati juga lebih tahan serangga kayu. Sangat tahan perubahan suhu dan cuaca dibanding akasia dan mahoni. Untuk Wooden Dummy, kayu jati memiliki kelebihan sebagai berikut:

§     Keras sehingga lebih awet.
§     Tahan perubahan suhu, cuaca hingga serangga kayu.
§     Memiliki serat kayu yang sangat menawan. Sehingga Wooden Dummy lebih artistik.

D.  Kayu sonokeling

Kayu ini disebut juga sebagai dewa dari kayu-kayu lainnya. Pasalnya kekuatan dan daya tahannya tidak perlu diragukan lagi. Dulu sonokeling banyak digunakan sebagai senjata larasa panjang. Sifatnya sangat keras, warnanya hitam dengan serat coklat hingga kuning kemerahan. Tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca hingga serangga yang menyerang kayu.

Dengan sifat-sifat tersebut, penggunaan kayu sonokeling untuk Wooden Dummy memang sangat terjamin kualitasnya. Bahkan penampilannya menjadi lebih elegan dan berkelas. Namun sekali lagi, bahwa setiap kayu juga memiliki kelemahan. Pada masa pakai yang lebih lama, sonokeling juga dapat mengalami kerusakan.

Tips memilih kayu Wooden Dummy terbaik

Dari beberapa ulasan mengenai sifat-sifat kayu di atas, Anda dapat memilih yang paling tepat untuk memastikan kualitas Wooden Dummy pilihan Anda. Namun dengan lebih tahu sifat-sifat kayu, juga dapat membuat seseorang lebih kesulitan memilih Wooden Dummy terbaik. Jika Anda masih bingung, coba simak tips memilih Wooden Dummy berikut ini:

§     Sesuaikan dengan tempat latihan. Pemakaian indoor, penggunaan Wooden Dummy mahoni lebih dari cukup. Namun jika ingin lebih mantap dapat menggunakan akasia. Sementara pemakaian outdoor, Wooden Dummy sonokeling sangat direkomendasikan.
§     Bujet. Sesuaikan pemilihan Wooden Dummy ini dengan bujet yang Anda miliki. Sampai saat ini Wooden Dummy seri mahoni menjadi pilihan terbaik para konsumen. Tidak hanya karena lebih ekonomis namun juga sesuai untuk latihan beladiri pemula.
§     Selera. Sekali lagi bahwa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan kayu di atas hanya sebagai referensi. Untuk pemilihan Wooden Dummy kembali diserahkan kepada selera masing-masing pengguna. Mengingat setiap orang memiliki pertimbangan tersendiri selama latihan yang membuatnya lebih nyaman.


0 comments:

Post a Comment