Kendo, Aikido, martial art related

Tuesday, July 3, 2018

Wajib Tahu 4 Hal Ini Sebelum Mulai Berlatih Beladiri

4:32 PM Posted by author , , No comments

Beladiri adalah sesuatu yang membutuhkan ketekunan dan disiplin dalam latihannya sehingga kemampuan dan keahlian yang didapatkan bisa maksimal sesuai dengan tujuan Anda berlatih ilmu fisik dan mental ini. Berlatih dengan tekun artinya latihan-latihan yang dilakukan lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan menjadi bagian dari reflek ketika Anda bergerak dan sudah menempel di alam bawah sadar Anda. Maka dari itu penting untuk berlatih Aikido, Wingchun atau ilmu bela diri lainnya dengan cara latihan yang benar agar hasil dari ketekunan Anda menjadi kebiasaan gerakan beladiri yang benar dan minim resiko. Bayangkan jika gerakan-gerakan latihan yang sudah jadi kebiasaan adalah gerakan yang salah maka besar resikonya Anda akan mengalami cedera bahkan resiko yang lebih berbahaya.

Misalnya ketika Anda berlatih bagaimana cara melakukan teknik pukulan atau menangkis serangan lawan, atau ketika latihan dengan menggunakan wooden dummy atau sarana latihan lainnya. Teknik-teknik  Aikido atau Wingchun yang dilakukan dengan cara yang salah akan membahayakan fisik Anda sendiri. Selain itu makna dari gerakan-gerakan Aikido atau wingchun maupun ilmu beladiri apapun juga tidak akan teresapi dengan baik pada alam bawah sadar Anda. Kali ini tim kendojogja.com akan memberikan rekomendasi bagaimana attitude belajar beladiri yang benar.

  • Latihan dengan mentor yang jelas sudah berpengalaman
Latihan beladiri harus dibimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman dan bisa mengajarkan teknik-teknik gerakan yang benar. Terutama bagi Anda yang masih pemula, tim kendojogja.com tidak menyarankan untuk berlatih beladiri secara otodidak apalagi hanya mengandalkan video tutorial di Youtube. Untuk menyempurnakan teknik dan gerakan dalam ilmu beladiri dibutuhkan pengawasan dan bimbingan oleh profesional, meski gerakan Anda terlihat sama dengan gerakan yang diajarkan di video namun esensi dari gerakan tersebut belum tentu bisa Anda kuasai. Mentor atau pelatih yang profesional akan membimbing Anda melakukan gerakan dengan cara yang aman.
  • Berlatih dengan tekun dan semangat
Kunci dari mahir dalam beladiri Wingchun dan ilmu lainnya adalah latihan dengan tekun dan didukung dengan semangat. Tim kendojogja.com menyarankan untuk latihan setiap hari setidaknya selama satu jam ketimbang Anda latihan lama tapi hanya seminggu sekali waktunya. Latihan dengan tekun adalah melatih jurus-jurus beladiri dengan gerakan dan teknik yang benar, terus menerus sampai gerakan-gerakan tersebut menjadi bagian dari kebiasaan Anda. Dari kebiasaan maka teknik beladiri bisa merasuk ke alam bawah sadar Anda dan akhirnya menjadi reflek yang tidak bisa lepas dari diri Anda.
  • Menjaga kondisi fisik dan mental
Latihan yang rutin meski hanya sebentar-sebentar lebih baik dibandingkan dengan langsung latihan yang berat namun hanya sesekali. Dalam gerakan-gerakan fisik seperti ilmu beladiri, tubuh memerlukan penyesuaian sehingga jika langsung diajak untuk kerja berat akan beresiko merusak kondisi fisik Anda. Selain menjaga kondisi fisik saat latihan, menyelaraskan pikiran dan juga mental juga perlu untuk penguasaan ilmu yang lebih baik. Latihan beladiri dengan mental yang bersih dan kuat akan memanfaatkan ilmunya untuk hal-hal yang baik.

  • Mengendalikan diri sendiri
Teknik-teknik serta jurus dari Aikido atau Wingchun maupun ilmu beladiri yang lain sudah Anda kuasai sehingga kepercayaan diri untuk menghadapi berbagai macam situasi pun juga tinggi. Tentu akan sangat mudah bagi Anda untuk menyerang orang lain yang berbuat tidak baik terhadap diri Anda, kemudian meletakkan kesalahan pada orang tersebut atau pada kondisinya. Namun jika dilakukan dengan benar seharusnya ilmu beladiri melatih mental Anda untuk bisa memaafkan orang yang berbuat tidak baik pada Anda dan bisa menjaga diri agar tidak terbuka dan diserang orang lain.  


0 comments:

Post a Comment