Kendo, Aikido, martial art related

Saturday, July 7, 2018

4 Tips Memilih Bokken Atau Pedang Kayu

4:31 PM Posted by author , , , No comments
bokken pedang kayu aikido kendo kimu kenjutsu


Bokken juga banyak dikenal sebagai pedang kayu. Merupakan peralatan berbentuk pedang yang terbuat dari kayu dan seringkali digunakan untuk beladiri semisal Aikido dan Kendo. Sejatinya tidak hanya Aikido dan Kendo saja yang menggunakan bokken. Masih ada beberapa aliran beladiri lain yang juga menggunakan Bokken. Bagaimana cara memilih Bokken terbaik? Simak pembahasan Bokken berkualitas versi KENDOJOGJA.COM berikut ini:

  • Jenis kayu yang tepat
Ada banyak jenis kayu yang dapat dibuat Bokken. Indonesia lebih banyak menggunakan jati, akasia, sonokeling, bengkirai, ulin, kayu besi hingga merbau. Kali ini KENDOJOGJA.COM akan fokus pada 3 jenis kayu saja yakni jati, sonokeling dan bengkirai. Dalam memilih kayu yang tepat, perlu diketahui lebih dulu fungsi Bokken selama latihan.

Jika untuk latihan benturan, maka penggunaan jenis kayu yang lebih keras sangat direkomendasikan. Banyak yang salah mengira jika jati adalah kayu paling keras dibanding sonokeling dan bengkirai. Padahal jati adalah kayu paling lunak dan ringan. Diikuti bengkirai dan sonokeling paling keras. Bobot paling berat adalah bengkirai, diikuti sonokeling dan jati paling ringan.

Rekomendasi kayu Bokken terbaik menurut KENDOJOGJA.COM adalah sonokeling dan bengkirai. Namun KIMU sendiri memproduksi Bokken jati kualitas terbaik yang mampu mengakomodir kebutuhan latihan benturan dengan baik. Jika tujuan pembuatan Bokken adalah untuk hiasan, maka rekomendasi KENDOJOGJA.COM adalah jati dan sonokeling yang lebih artistik dan awet terutama saat dilapisi cat kayu.

  • Ukuran kayu 
Ukuran Bokken juga mendukung efektivitas latihan. Selama ini telah ditentukan ukuran standar dari Bokken itu sendiri. Sementara KIMU lebih banyak memproduksi Bokken dengan panjang 100-102 cm. Pada dasarnya panjang Bokken menyesuaikan tinggi badan pengguna. Dengan catatan saat Bokken dipegang, harus memiliki jarak beberapa sentimeter dari permukaan tanah.

Selain panjangnya, ukuran diameter atau genggaman gagang Bokken juga harus dipertimbangkan dengan baik. KIMU selalu membuat Bokken dengan tebal genggaman 2.8 dan 3.8 cm. Selain ukuran genggaman dari Bokken, pertimbangkan juga bagian nagasa dari Bokken itu sendiri. Bagi Anda yang mencari Bokken terbaik, direkomendasikan untuk memilih lengkung asli.

Lengkung yang terdapat pada bagian nagasa ini juga memiliki standar khusus tertentu. Untuk rasa nyaman Anda selama latihan, pastikan memilih lengkung yang lebih dinamis. Lengkung nagasa yang dinamis akan berbentuk mirip katana asli. Sehingga akan membantu Anda mendapatkan rasa atau feeling terbaik saat latihan.

  • Ujung Bokken
Tidak kalah penting adalah pemilihan ujung Bokken. Untuk mendapatkan Bokken yang terbaik, pemilihan ujungnya harus disesuaikan dengan level penggunanya. Untuk latihan beladiri level anak-anak biasanya menggunakan ujung Bokken yang berbeda dengan dewasa. Sehingga latihan tidak hanya efektif namun juga aman.

Ujung dari Bokken sendiri memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada ujung Bokken yang berbentuk sedikit membulat, ada pula yang agak runcing hingga tumpul. Biasanya untuk Bokken yang ujungnya berbentuk tumpul, lebih banyak digunakan untuk latihan beladiri anak-anak. Mengingat selama latihan, anak seringkali tidak dapat mengendalikan kekuatannya.

Selain kekuatannya, anak juga sering tidak dapat mengendalikan gerakannya. Penggunaan ujung Bokken yang berbentuk runcing sangat berisiko dan berbahaya untuk anak. Karena itu selama ini penggunaan Bokken dengan ujung yang berbentuk runcing, lebih disarankan untuk praktisi dewasa. Tentunya dengan level latihan yang lebih intens.

  • Tempat pembuatan Bokken berpengalaman
Dari beberapa tips memilih Bokken yang telah dibahas di atas, tentu tidak mudah bagi Anda untuk menentukan Bokken yang paling berkualitas. Diperlukan ketelitian yang tinggi untuk mendapatkan Bokken berkualitas. Anda bisa menempuh cara paling mudah untuk mendapatkan Bokken berkualitas dengan membeli ke toko yang terpercaya.

Toko Bokken yang terpercaya dan berpengalaman tidak akan menjual Bokken berkualitas buruk. Melainkan hanya menawarkan Bokken dengan kualitas tinggi yang sesuai kebutuhan Anda. Toko atau produsen Bokken yang berpengalaman akan sangat teliti dalam memperhatikan detail dari Bokken yang diproduksinya.

Tidak hanya dari dari material kayu yang digunakan namun juga detail bentuknya seperti lengkung, berat dan panjang Bokken juga sangat diperhatikan. Sehingga Anda terhindar dari jenis Bokken yang berkualitas buruk. Melainkan hanya akan mendapatkan pilihan Bokken berkualitas sesuai dengan kebutuhan latihan Anda.



0 comments:

Post a Comment