Kendo, Aikido, martial art related

Monday, July 9, 2018

Ini Ukuran Standar Mok Yan Jong/Boneka Kayu Wing Chun/Wooden Dummy

wingchun mok yan jong wooden dummy boneka kayu kungfu kimu


Saat ini KIMU akan membahas mengenai ukuran standar pada mok yan jong atau boneka kayu kungfu, yang biasa disebut sebagai Wooden Dummy.

Berdasarkan informasi dari instruktur wingchun, sebenarnya tak ada ukuran standar atau baku untuk pembuatan boneka kayu kungfu wing chun. Karena biasanya ukuran disesuaikan dari tinggi para penggunanya. Di bawah ini merupakan ukuran boneka kayu wing chun atau mok yan jong versi KIMU :

·  Ukuran lengan atas yang sejajar dengan letak bahu pengguna, usai pengguna    memasang kuda-kuda.
·    Ukuran pada lengan tengah sesuai dan sejajar dengan pusar/perut pengguna.
·    Ukuran pada kaki sejajar lutut atau lebih tinggi sedikit dari pengguna.
·    Memiliki ukuran diameter bodi berkisar antara 20 cm – 24 cm.

Adapun ukuran diameter lengan mok yan jong sendiri terdapat beberapa versi. Ukuran diameter pada pangkal lengan biasanya sekitar 6 cm hingga 8 cm. Sementara ujung lengan boneka kayu wingchun sekitar umumnya sekitar 3-4,5 cm. Ukuran tersebut disesuaikan dengan selera dan lengan pengguna.

Pada rongga lengan wooden dummy yang masuk ke dalam bodi, sebaiknya dibuat tak terlalu sempit. Pastikan lebih longgar sedikit sehingga lengan bisa bergeser sedikit ke kiri dank e kanan saat dipakai untuk berlatih. Sebaiknya Anda tidak menganggap hal ini sepele. Bagian lengan yang tidak bergoyang atau mati ketika digunakan saat latihan bisa merusak saraf tulang belakang. Bagi pemula yang masih baru mengenal teknik tangkisan, ini bisa jadi sangat fatal.

Untuk ukuran diameter pada kaki, baik diameter pangkal sampai ujung pangkal boleh sama. Sementara lipatan kaki mok yan jong sendiri biasanya sesuai dengan ukuran ketinggian lutut tiap-tiap pengguna. Meskipun demikian, ada pengguna yang lebih memilih ukuran lutut atau lipatan wooden dummy dengan ukuran lebih tinggi sedikit.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah ukuran diameter bodi. Ukuran standar pada diameter bodi boneka kayu biasanya sekitar 20 cm-24 cm. Ukuran diameter terlalu besar sebenarnya tidak dianjurkan sebab bodi atas boneka kayu mewakili leher atau kepala lawan. Seringkali dalam latihannya diperlukan cengkeraman atau lilitan ke bagian bodi. Karena itu, bodi boneka kayu disesuaikan dengan kemampuan rata-rata cengkeraman atau lilitan tangan orang secara umum. Tak hanya itu saja, bodi pada mok yan jong sendiri disesuaikan dengan bobot boneka kayu itu sendiri. Pada kayu yang berjenis sama, diameter yang lebih lebar pada bodi akan memiliki bobot yang juga lebih berat.

Hal terakhir yang dipertimbangkan yaitu penyangga agar wooden dummy atau mok yan jong berdiri. Tak ada ukuran standar panjang penyangga pada wooden dummy/boneka kayu ini. Namun pastikan tidak terlalu lebar ke arah samping sebab bisa berpengaruh terhadap posisi latihan ketika pengguna bergeser saat berlatih menyerang dari arah samping.

Diantara keseluruhan ukuran di atas, hal yang tak kalah penting ialah wooden dummy/mok yan jong harus kalah atau bergoyang dengan setiap hentakan yang dilakukan. Dengan begitu, sesuaikan ukurannya berdasarkan kekuatan dan berat tubuh pengguna. Boneka kayu yang tidak bergoyang atau ditanam ketika digunakan untuk berlatih bisa mengganggu saraf pada tulang belakang. Ini terjadi saat ada kesalahan benturan ketika berlatih. Terlebih lagi bagi pemula, tentu harus benar-benar diperhatikan.

Jika Anda ingin lebih jelas mengenai ukuran standar mok yan jong, sebaiknya konsultasikan pada pelatih atau sifu terlebih dulu sebelum membuat atau membeli boneka kayu wingchun tersebut.

0 comments:

Post a Comment